Minggu, 25 Januari 2015

METODOLOGI PENELITIAN R&D

BAB I
PENDAHULUAN
Pada makalah ini akan di bahas mengenai konsep penelitian dan pengembangan (Research and Development), langkah-langkahnya dari Gall dan Borg yang meliputi: penelitian dan pengumpulan data, perencanaan pengembangan produk, pengembangan produk awal, uji coba produk awal, penyempurnaan produk awal, uji coba produk yang telah disempurnakan, penyempurnaan produk, pengujian produk, produk akhir, implementasi-institusionalisasi produk. Kemudian juga akan dikemukakan ciri-cirinya, langkah-langkahnya, serta kelebihan dan kekurangannya.



















BAB II
PEMBAHASAN 
METODE PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN 
(RESEARCH AND DEVELOPMENT/R&D)
A. Pengertian
Penelitian atau penyelidikan adalah suatu tindakan yang dilakukan dengan sistematis dan teliti, dengan tujuan mendapatkan pengetahuan baru atau mendapatkan susunan dan tafsiran yang baru dari pengetahuan yang telah ada, dimana sikap orang yang bertindak itu harus kritis dan prosedur yang digunakan harus lengkap.
Metode penelitian dan pengembangan atau dalam bahasa inggrisnya Research and Development adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. 
Yang dimaksud dengan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) adalah rangkaian proses atau langkah-langkah dalam rangka mengembangkan suatu produk baru atau menyempurnakan produk yang telah ada agar dapat dipertanggungjawabkan. Produk tersebut tidak selalu berbentuk benda atau perangkat keras (hardware), seperti buku, modul, alat bantu pembelajaran di kelas atau di laboratorium, tetapi dapat juga perangkat lunak (software), seperti program komputer untuk pengolahan data, pembelajaran di kelas, perpustakaan atau laboratorium, ataupun model-model pendidikan, pembelajaran, pelatihan, bimbingan, dan evaluasi, sistem manajemen.
Tujuan penelitian perkembangan adalah untuk menyelidiki pola dan perurutan pertumbuhan dan/atau perubahan sebagai fungsi waktu. Sedangkan tujuan utama penelitian R&D adalah menerapkan pengetahuan (yang dihasilkan oleh penelitian pendidikan) dan menggabungkannya menjadi sebuah produk yang dapat digunakan di sekolah. Berbeda dengan penelitiannya, R&D bertujuan untuk mengembangkan dan memvalidasi produk-produk pendidikan dengan menggunakan langkah-langkah yang disebut siklus R&D.
Metode penelitian dan pengembangan telah banyak digunakan pada bidang-bidang ilmu Alam dan Teknik. Hampir semua produk teknologi, seperti alat-alat elektronik, kendaraan bermotor, pesawat terbang, kapal laut, senjata, obat-obatan, alat-alat kedokteran, bangunan gedung bertingkat dan alat-alat rumah tangga yang modern diproduk dan dikembangan melalui penelitian dan pengembangan. Namun demikian metode penelitian dan pengembangan bisa juga digunakan dalam bidang ilmu-ilmu sosial seperti psikologi, sosiologi, pendidikan, manajemen, dan lain-lain.
Dalam pelaksanaan penelitian dan pengembangan, terdapat beberapa metode yang digunakan, yaitu metode: deskriptif, evaluatif, dan eksperimental. Metode penelitian deskriptif, digunakan dalam penelitian awal untuk menghimpun data tentang kondisi yang ada.  Metode evaluatif, digunakan untuk mengevaluasi proses uji coba pengembangan suatu produk. Dan metode eksperimen digunakan untuk menguji keampuhan dari produk yang dihasilkan.
Penelitian perkembangan ini memiliki kekhususan yaitu:
1. Memusatkan perhatian pada ubahan-ubahan dan perkembangannya selama jangka waktu tertentu. Meneliti pola-pola pertumbuhan, laju, arah, dan urutan perkembangan dalam beberapa fase.
2. Penelitian ini umumnya memakai waktu yang panjang atau bersifat longitudinal. Dan biasa dilakukan oleh peneliti ahli dengan fasilitas cukup.
3. Bila metode penelitian yang dipakai dengan pendekatan cross sectional, maka sampel yang dipilih harus representatif mewakili populasi penelitian. Berarti sampel perlu lebih banyak, tetapi meliputi faktor-faktor pertumbuhan lebih sedikit dari metode longitudinal. 
Kemudian research dapat digolongkan sebagai berikut:
1. Menurut tujuan:
a. Research dasar (Basic Research)
b. Research terapan (Applied Research)
2. Menurut bidang atau obyek
a.  Research disipliner, yang dapat diperinci lagi menurut proyek yang bersangkutan.
b. Research interdisipliner
3. Menurut lokasi sumber data
a. Research lapangan
b. Research kepustakaan
4. Menurut ruang lingkup (cakupan, scope)
a. Research mikro
b. Research makro
5. Menurut orientasi
a. Policy research
b. Science oriented research
6. Menurut sifat
a. Planned atau systematic research
b. Eventual atau casual researc
7. Menurut waktu
a. Research jangka panjang
b. Research jangka pendek


8. Menurut sifat data dan metode
a. Research kuantitatif
b. Research kualitatif
B. Pentingnya Penelitian dan Pengembangan
Penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) adalah sebuah strategi atau metode penelitian yang cukup ampuh untuk memperbaiki praktik. Dalam bidang industri antara 4-5% biaya digunakan untuk mengadakan penelitian dan pengembangan. Sedangkan dalam bidang pendidikan dan kurikulum penyediaan dana untuk penelitian dan pengembangan masih dibawah 1%. Oleh karena itu, kemajuan dalam pendidikan  seringkali tertinggal jauh oleh bidang industri.
Dari perbedaan di atas terlihat begitu pentingnya penelitian dan pengembangan pada pendidikan dilakukan, karena sangat kurang sekali dari segi biaya dalam melakukan penelitian dan pengembangan pendidikan. 
Penelitian-penelitian di bidang pendidikan, umumnya tidak di arahkan pada pengembangan suatu produk, tetapi ditujukan untuk menemukan pengetahuan baru berkenaan dengan fenomena-fenomena yang bersifat fundamental, serta praktik-praktik pendidikan. Penelitian tentang fenomena-fenomena fundamental pendidikan dilakukan melalui penelitian dasar (basic research), sedang penelitian tentang praktik pendidikan dilakukan melalui penelitian terapan (applied research). 
C. Ciri-Ciri Penelitian Perkembangan
1. Memusatkan perhatian pada studi tentang variabel-variabel dan perkembangannya selama beberapa waktu (blan atau tahun). Tugasnya adalah menjawab pertanyaan-pertanyaan bagaimanakah pola-pola pertumbuhan, lajunya, arahnya dan berbagai faktor yang mempengaruhi sifat-sifat perkembangan itu.
2. Dalam studi-studi Cross sectional.
Biasanya dapat mencakup subyek yang lebih banyak tetapi hanya memotret  faktor yang lebih sedikit dibanding studi longitudinal. Dalam metode cross  sectional ini biasanya sulit dalam mengambil sampel karena umumnya yang  beragam.     
3. Dalam studi longitudinal biasanya sulit dalam masalah sampling sebab subyeknya terbatas. Studi longitudinal ini menuntut kontinuitas, waktu yang panjang, biaya yang banyak dan penelitian yang ulet.
4. Studi-studi kecenderungan mengandung kelemahan bahwa faktor-faktor yang tak dapat diramalkan mungkin masuk dan memodifikasi atau membuat kecenderungan yang didasarkan masa lampau menjadi tidak sah. Pada umumnya ramalan untuk masa panjang hanya educated guess, sedang ramalan untuk waktu yang pendek lebih reliabel dan lebih valid.
D. Langkah-Langkah Penelitian dan Pengembangan
1. Potensi dan Masalah
Penelitian dapat berangkat dari adanya potensi atau masalah. Potensi adalah segala sesuatu yang bila didayagunakan akan memiliki nilai tambah. Dalam bidang sosial dan pendidikan, mislanya kita punya potensi penduduk usia kerja yang cukup banyak, sehingga melalui model pendidikan tertentu dapat diberdayakan sebagai tenaga kerja pertanian atau industri yang berbasis bahan mentah alam Indonesia.
Semua potensi akan berkembang menjadi masalah bila kita tidak dapat mendayagunakan potensi-potensi tersebut. Misalnya kita punya cadangan sumber daya alam yang banyak, tetapi tidak dapat mendayagunakannya, sehingga akan menjadi masalah. Namun demikian, masalah juga dapat dijadikan potensi, apabila kita dapat mendayagunakannya. Misalnya sampah akan dapat dijadikan potensi, kalau kita dapat merubahnya sebagai pupuk atau energi atau barang lain yang bermanfaat.
Data tentang potensi dan masalah tidak harus dicari sendiri, tetapi bisa berdasarkan laporan penelitian orang lain, atau dokumentasi laporan kegiatan dari perorangan atau instansi tertentu yang masih up to date. 
2. Mengumpulkan Informasi
Setelah potensi dan masalah dapat ditunjukkan secara faktual dan up to date, maka selanjutnya perlu dikumpulkan berbagai informasi yang dapat digunakan sebagai bahan untuk perencanaan produk tertentu yang diharapkan dapat mengatasi masalah tersebut. Di sini diperlukan metode penelitian tersendiri. Metode apa yang akan digunakan untuk penelitian tergantung permasalahan dan ketelitian tujuan yang ingin dicapai.
3. Desain Produk
Produk yang dihasilkan dalam penelitian Research and Development bermacam-macam. Dalam bidang pendidikan, produk-produk yang dihasilkan melalui penelitian R&D diharapkan dapat meningkatkan produktivitas pendidikan, yaitu lulusan yang jumlahnya banyak, berkualitas, dan relevan dengan kebutuhan. Produk-produk pendidikan misalnya kurikulum yang spesifik untuk keperluan pendidikan tertentu, metode mengajar, media pendidikan, buku ajar, modul kompetensi tenaga kependidikan, sistem evaluasi, model uji kompetensi, penataan ruang kelas untuk model pembelajar tertentu, model unit produksi, model manajemen, sistem pembinaan pegawai, sistem penggajian dan lain-lain.
Sesuai dengan contoh di atas, misalnya peneiliti akan menghasilkan motede mengajar baru maka peneliti harus membuat rancangan metode mengajar baru. Rancangan metode mengajar baru ini dibuat berdasarkan penilaian terhadap metode mengajar lama, sehingga dapat ditemukan kelemahan-kelemahan terhadap metode tersebut. Selain itu peniliti juga harus melakukan penelitian kepada sekolah-sekolah lain yang dipandang metode mengajarnya bagus. Selain itu juga harus mengkaji referensi mutakhir yang terkait dengan metode mengajar yang modern.
Hasil akhir dari kegiatan ini adalah berupa desain metode yaitu rancangan metode pembelajaran baru. Desain metode ini masih bersifat hipotetik. Di katakan hipotetik karena efektivitasnya belum terbukti, dan akan dapat deketahui setelah  melalui pengujian-pengujian. Setiap desain produk perlu ditunjukkan dalam gambar kerja, bagan, atau uraian ringkas, sehinngga akan memudahkan pihak lain untuk memahaminya. Efektivitas metode mngajar baru bisa diukur dari mudah diimplamentasikan, suasana belajar menjadi kondusif dan hasil pembelajaran meningkat.
4. Validasi Desain
Validasi desain merupakan proses kegiatan untuk menilai apakah rancangan produk, dalam hal ini metode mengajar baru secara rasional akan lebih efektif dari yang lama atau tidak. Dikatakan secara rasional, karena validasi di sini masih bersifat penilaian berdasarkan pemikiran rasional, belum fakta lapangan.
Validasi produk dapat dilakukan dengan cara menghadirkan beberapa pakar atau tenaga ahli yang sudah berpengalaman untuk menilai produk baru yang dirancang tersebut. 
5. Perbaikan Desain
Setelah desain produk, divalidasi melalui diskusi dengan pakar dan para ahli lainnya, maka akan dapat diketahui kelemahannya. Kelemahan tersebut selanjutnya dicoba untuk dikurangi dengan cara memperbaiki desain. Yang bertugas memperbaiki desain adalah peneliti yang mau menghasilkan produk tersebut.
6. Uji Coba Produk
Dalam bidang pendidikan, desain produk seperti metode mengajar baru dapat langsung diuji coba, setelah divalidasi dan revisi. Uji coba tahap awal dilakukan dengan simulasi penggunaan metode mengajar tersebut. Setelah disimulasikan, maka dapat diujicobakan pada kelompok yang terbatas. Pengujian dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan informasi apakah metode mengajar baru tersebut lebih efektif dan efesien dibandingkan metode mengajar yang lama atau yang lain. 
Untuk itu pengujian dapat dilakukan dengan eksperimen, yaitu membandingkan efektivitas metode mengajar lama dengan yang baru. Indikatornya efektivitas metode mengajar baru adalah, kecepatan pemahaman murid pada pelajaran lebih tinggi, murid bertambah kreatif dan hasil belajar meningkat.
7. Revisi Produk
Desain metode mengajar perlu direvisi agar kreativitas murid dalam belajar dapat meningkat pada gradasi yang tinggi. Setelah direvisi, maka perlu diujicobakan lagi kelas yang lebih luas. Setelah metode mengajar baru diterapkan selama setengah tahun atau satu tahu maka perlu dicek kembali, mungkin ada kelemahannya, kalau ada perlu segera diperbaiki lagi. Setelah diperbaiki maka dapat diproduksi masal, atau digunakan pada lembaga pendidikan yang lebih luas.
8. Uji Coba Pemakaian
Setelah pengujian terhadap produk berhasil, dan mungkin ada revisi yang tidak terlalu penting, maka selanjutnya produk yang berupa metode mengajar baru tersebut diterapkan dalam lingkup lembaga pendidikan yang luas. Dalam operasinya, metode baru tersebut, tetap harus dinilai kekurangan atau hambatan yang muncul guna untuk perbaikan lebih lanjut. 
9. Revisi Produk
Revisi produk ini dilakukan, apabila dalam pemakaian dalam lembaga pendidikan yang lebih luas terdapat kekurangan dan kelemahan. Dalam uji pemakaian, sebaiknya pembuatan produk selalu mengevaluasi bagaimana kinerja produk dalam hal ini adalah metode mengajar, untuk mengetahui kelemahan-kelemahan yang ada, sehingga dapat digunakan untuk penyempurnaan dan pembuatan produk baru lagi.
10. Pembuatan Produk Masal
Bila produk yang berupa metode mengajar baru tersebut telah dinyatakan efektif dalam beberapa kali pengujian, maka metode mengajar baru tersebut dapat diterapkan pada setiap lembaga pendidikan.
E.  Kelebihan dan Kekurangan R&D 
Kelebihan: 
Kelebihan penelitian R&D (Gall & Borg, 1983; Gall, Gall, & Borg, 2003; (PlompdanNieven, 2007) antara lain adalah: 
1. Mampu mengatasi kebutuhan nyata dan mendesak (real needs in the here-and-now) melalui pengembangan solusi atas suatu masalah sembari menghasilkan pengetahuan yang bisa digunakan di masa mendatang. 
2. Mampu menghasilkan suatu produk/model yang memiliki nilai validasi tinggi, karena melalui serangkaian ujicoba di lapangan dan divalidasi ahli. 
3. Mendorong proses inovasi produk/model yang tiada henti sehingga diharapkanakan selalu ditemukan model/produk yang selalu aktual dengan tuntutan kekinian. 
4. Merupakan penghubung antara penelitian yang bersifat teoritis dan lapangan. 
Kekurangan: 
1. Padaprinsipnyamemerlukanwaktu yang relatifpanjang, karenaprosedur yang harusditempuhrelatifkompleks. 
2. Tidakbisadigeneralisasikansecarautuh, karenapenelitian R&D ditujukanuntukpemecahanmasalah “here and now”, dandibuatberdasarsampel (spesifik), bukanpopulasi. 
3. Penelitian R&D memerlukansumberdanadansumberdaya yang cukupbesar


SISTEMATIKA LAPORAN PENELITIAN R&D

HALAMAN JUDUL
ABSTRAK
PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR GAMBAR
DAFTAR TABEL

BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan
D. Manfaat 

BAB II    LANDASAN TEORI, KERANGKA BERFIKIR DAN PENGAJUAN HIPOTESIS
A. Deskripsi Teori
B. Kerangka Berfikir
C. Hipotesis (Produk yang akan dihasilkan) 

BAB III PROSEDUR PENELITIAN
A. Langkah-langkah penelitian
B. Metode Penelitian Tahap I
1. Populasi sampel sumber data
2. Teknik pengumpulan data
3. Instrumen penelitian
4. Analisis data
5. Perencanaan desain produk
6. Validasi desain
C. Metode Penelitian Tahap II
1. Model rancangan eksperimen untuk menguji produk yang telah dirancang
2. Populasi dan sampel
3. Teknik pengumpulan data
4. Instrumen penelitian
5. Teknik analisis data

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Desain Awal  produk (gambar dan penjelasan)
B. Hasil pengujian pertama
C. Revisi produk (gambar setelah direvisi dan penjelasannya)
D. Hasil pengujian tahap ke II
E. Revisi produk (gambar setelah direvisi dan penjelasannya)
F. Pengujian tahap ke III (bila perlu)
G. Penyempurnaan produk (gambar terakhir dan penjelasannya)
H. Pembahasan produk

BAB V  KESIMPULAN DAN SARAN PENGGUNAANNYA
A. Kesimpulan
B. Saran Penggunaan

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN INSTRUMEN
LAMPIRAN DATA
LAMPIRAN PRODUK YANG DIHASILKAN BERIKUT
BUKU PENJELASANNYA

BAB III 
PENUTUP
Kesimpulan 
Metode penelitian dan pengembangan atau dalam bahasa inggrisnya Research and Development adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. 
Tujuan penelitian perkembangan adalah untuk menyelidiki pola dan perurutan pertumbuhan dan/atau perubahan sebagai fungsi waktu. Sedangkan tujuan utama penelitian R&D adalah menerapkan pengetahuan (yang dihasilkan oleh penelitian pendidikan) dan menggabungkannya menjadi sebuah produk yang dapat digunakan di sekolah. Berbeda dengan penelitiannya, R&D bertujuan untuk mengembangkan dan memvalidasi produk-produk pendidikan dengan menggunakan langkah-langkah yang disebut siklus R&D.
Langkah-Langkah Penelitian dan Pengembangan:
1. Potensi dan Masalah
2. Mengumpulkan Informasi
3. Desain Produk
4. Validasi Desain
5. Perbaikan Desain
6. Uji Coba Produk
7. Revisi Produk
8. Uji Coba Pemakaian
9. Revisi Produk
10. Pembuatan Produk Masal



DAFTAR PUSTAKA

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Bandung, Alfabeta, 2013.

Trianto. Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan & Profesi Pendidikan  Tenaga Kependidikan, JakartaKencana, 2010.

Suryabrata, Sumadi. Metodologi Penelitian, Jakarta, Rajawali Pers, 2010. 

Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung, PT Remaja  Rosdakarya, 2010.

Cholid Narbuko dan Abu Achmadi. Metodologi Penelitian, Jakarta, Bumi Aksara,  2001.
 Daniel, Moehar. Metode Penelitian Sosial Ekonomi, Jakarta, PT Bumi Aksara, 2002.
Ndraha, Taliziduhu. Research Teori Metodologi Administrasi, Jakarta, PT Bina  Aksara, 1985.

Margono, S. Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta, Rineke Cipta, 2009.


1 komentar: