Minggu, 25 Januari 2015

QAWAID AL-TAHDITS: KRITIK SANAD OLEH KA' SYAMSUL BARRI

 BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Hadis Nabi Muhammad saw selain  sebagai sumber  ajaran  Islam yang kedua setelah al-Qur’an, juga berfungsi sebagai sumber sejarah dakwah  atau perjuangan Rasulullah. Hadis juga mempunyai fungsi penjelas bagi al-Qur’an, menjelaskan yang global, mengkhususkan yang umum dan menafsirkan ayat-ayat al-Qur’an. Memposisikan hadis secara sturktural sebagai sumber ajaran Islam yang kedua atau secara  fungsional sebagai bayan (penjelasan) terhadap al-Qur’an merupakan suatu keniscayaan.
Hadis selain memuat  bahasa agama, yakni pesan-pesan Ilahi, hadis juga mengandung bahasa-bahasa  insani, yaitu hadis  yang muncul  karena pengaruh lingkungan, kebudayaan masyarakat setempat atau karena kehendak zaman dan tuntutan tugas kenabian.
Untuk memahami hadis maka dua unsur sanad dan matan menjadi hal yang tidak bisa diabaikan. Keduanya merupakan dua unsur pokok hadis yang harus ada pada setiap hadis, dan antara keduanya  memiliki kaitan yang sangat erat dan tidak dapat dipisahkan. Suatu berita tentang Rasul (matan) tanpa ditemukan rangkaiannya atau susunan sanadnya  yang jelas maka berita tersebut tidak dapat dikatakan sebagai sebuah hadis. Sebaliknya susunan sanad meskipun bersambung sampai kepada Rasulullah.
Untuk mengetahui bahwa sebuah hadis benar-benar bersumber dari Rasulullah, maka diperlukan usaha penelitian untuk membuktikan hal tersebut. Dengan demikian,  tujuan utama  penelitian hadis adalah untuk menilai apakah  secara historis sesuatu yang disebut sebagai hadis Nabi itu benar-benar dapat dipertanggung jawabkan kesahihannya berasal dari Nabi ataukah tidak. Hal ini sangat penting mengingat kedudukan  kualitas  hadis  erat sekali kaitannya dengan dapat atau tidaknya  dijadikan sebagai  hujjah agama.
Penelitian kualitas hadis perlu dilakukan, bukan berarti meragukan  hadis Nabi Muhammad saw. tetapi  untuk melihat keterbatasan perawi hadis sebagai manusia, yang adakalanya  melakukan kesalahan, baik karena lupa maupun karena didorong oleh kepentingan tertentu.  Keberadaan perawi hadis sangat menentukan  kualitas hadis, baik kualitas sanad maupun kualitas matan hadis. Dalam hal inilah ada dua obyek terpenting dalam penelitian hadis yaitu: Pertama, materi/isi hadis itu sendiri (matn al-hadis) dan Kedua, rangkaian sejumlah periwayat yang menyampaikan hadis (sanad al-hadis).
B. Rumusan Masalah 
Mengacu pada uraian di atas maka penulis memberikan beberapa permasalahan yang menjadi ruang lingkup pembahasan pada makalah ini yaitu:
1. Bagaimana pengertian dan sejarah kritik sanad hadis?
2. Apakah yang menjadi unsur-unsur kaidah umum kesahihan sanad hadis?
3. Apakah yang menjadi unsur-unsur kaidah khusus kesahihan sanad hadis?
4. Bagaimanakah contoh kritik sanad hadis?






BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian dan Sejarah Kritik Sanad Hadis 
Kata  kritik merupakan alih bahasa  dari bahasa Arab  ﻧﻗﺩ  (naqd). Sekalipun kata tersebut tidak terdapat dalam al-Qur’an maupun dalam al-Hadis, namun tidak berarti bahwa kegiatan kritik hadis bukan sebuah kegiatan ilmiah dalam kajian hadis, karena kegiatan ini memang muncul belakangan. Sedangkan kata kritik sendiri dalam Kamus Umum  Bahasa  Indonesia berarti sebuah usaha menemukan  kekeliruan dan kesalahan, dalam rangka menemukan kebenaran. Sementara Mahmud Al-Tahhan berpendapat bahwa sanad adalah struktur pertalian orang-orang yang terlibat dalam menyampaikan matan hadis. Dengan demikian kritik sanad yang dimaksud di sini adalah sebagai upaya serius dalam mengkaji hadis Rasulullah saw. untuk   menentukan hadis tersebut benar-benar merupakan hadis yang bersumber dari beliau dengan menelusuri sanadnya. 
Meskipun penggunaan kata an-naqd dalam pengertian kritik seperti di atas tidak ditemukan dalam al-Qur’an dan Hadis, hal tersebut bukanlah berarti bahwa konsep kritik hadis datang jauh terlambat dalam perbendaharaan Ilmu Hadis. Fakta menujukkan bahwa al-Qur’an telah menggunakan kata yamiz untuk maksud tersebut, yang berarti “memisahkan yang buruk dari yang baik”. 
Imam Muslim yang hidup pada abad ke-3 H, menamakan bukunya al-Tamyiz, yang isi bahasannya adalah metodologi kritik hadis. Sebagian ulama hadis di abad ke-2 H juga menggunakan kata an-naqd di dalam karya mereka, namun mereka tidak menampilkannya di dalam judul buku mereka tersebut. Mereka justru memberi judul bagi karya yang membahas mengenai kritik hadis ini dengan nama al-Jarh wa al-Ta’dil, yaitu ilmu yang berfungsi membatalkan dan menetapkan keotentikan riwayat dalam hadis. Pada periode sahabat, Abu Bakar al-Shiddiq r.a. adalah pelopor dalam kritik hadis dan dia menempatkan metode kritik Hadis Nabi saw. pada posisi yang penting. Pusat penelitian hadis awalnya hanya di Madinah, selanjutnya menyebar ke Irak, Kufah, Wasith, Beirut, Mekkah, Mesir, dan beberapa daerah lainya. 
Untuk meneliti hadis diperlukan sebuah acuan. Acuan yang dipergunakan adalah kaidah kesahihan hadis bila ternyata hadis yang diteliti bukanlah hadis mutawatir. Kaidah kesahihan hadis yang telah dirumuskan oleh ulama dan berlaku hingga sekarang, telah muncul benih-benihnya pada zaman Rasul saw. dan sahabat Rasul. Bahkan Imam Syafi’i, Imam Bukhari, Imam Muslim dan Ulama lain telah memperjelas benih-benih kaidah itu dan menerapkannya pada hadis-hadis yang mereka teliti dan mereka riwayatkan. Terbukti bahwa kaidah kesahihan sanad dan matan hadis memiliki tingkat akurasi yang cukup tinggi sebagai acuan untuk meneliti kesahihan sanad hadis. 
Muhaddisin sangat  besar perhatiannya terhadap sanad hadis, di samping juga  terhadap matannya. Pernyataan tersebut dapat dilihat  pada tiga hal: Pertama. Pernyataan-pernyataan bahwa sanad dan matan merupakan bagian yang tidak terpisahan dari hadis. Kedua. Banyaknya karya  atau buku yang berkenaan dengan sanad hadis. Kitab-kitab tentang  rijal al-hadis muncul dalam berbagai bentuk dan sifatnya. Dan yang ketiga, apabila mereka menghadapi hadis, maka sanad hadis menjadi  salah satu bagian yang  mendapat perhatian khusus disamping matan. 
Kaidah kesahihan sanad hadis adalah segala syarat, kriteria atau unsur yang harus dipenuhi oleh suatu sanad hadis yang berkualitas sahih. Segala syarat, kriteria atau  unsur itu ada yang berstatus khusus dan ada pula yang berstatus umum. Dikatakan berstatus umum karena keberadaannya menjadikan definisi sanad hadis sahih bersifat jami’ (melingkupi) dan mani’ (tidak mengurangi ketercakupan) serta melingkupi seluruh bagian sanad tetapi masih dalam batas tidak terinci. Sedangkan dinyatakan bersifat khusus karena keberadaannya merupakan rincian lebih lanjut dari masing-masing syarat, kriteria atau unsur umum tadi. Sifat umum di atas dapat diberi istilah sebagai kaidah umum sedangkan yang bersifat khusus dapat diberi istilah sebagai kaidah khusus.
B. Unsur-Unsur Kaidah Umum Kesahihan Sanad Hadis
Kaidah kritik sanad hadis dapat diketahui dari pengertian istilah hadis, oleh karena itu penulis memaparkan beberapa pendapat ulama hadis mengenai definisi hadis sahih.
Ulama hadis al-Mutaqaddimun berpendapat bahwa :
1. Tidak boleh diterima suatu riwayat hadis terkecuali yang berasal dari orang-orang yang tsiqah.
2. Hendaklah orang yang akan memberikan riwayat hadis diperhatikan ibadah shalatnya, perilakunya dan keadaan dirinya. Apabila perilakunya tersebut tidak baik, agar tidak diterima riwayat hadisnya.
3. Tidak boleh diterima hadisnya orang tidak dikenal memiliki pengetahuan hadis.
4. Tidak boleh diterima hadisnya orang yang suka berdusta, mengikuti hawa nafsunya dan tidak mengerti hadis yang diriwayatkannya.
5. Tidak boleh diterima riwayat hadis dari orang yang ditolak kesaksiannya. 
Pernyataan-pernyataan tersebut ditujukan pada kualitas dan kapasitas periwayat baik yang boleh diterima maupun yang harus ditolak riwayatnya. Namun pernyataan di atas belum melingkupi seluruh syarat kesahihan suatu hadis.
Menurut Imam al-Syafi’iy, hadis ahad tidak dapat dijadikan hujjah, kecuali apabila hadis tersebut :
1. Hadis tersebut diriwayatkan oleh para periwayat yang :
a. Dapat dipercaya pengalaman agamanya.
b. Dikenal sebagai orang yang jujur dalam menyampaikan berita.
c. Memahami dengan baik hadis yang diriwayatkan.
d. Mengetahui perubahan makna hadis bila terjadi perubahan lafalnya.
e. Mampu menyampaikan riwayat hadis secara lafal, tegasnya, tidak meriwayatkan hadis secara makna.
f. Terpelihara hafalannya, bila dia meriwayatkan melalui kitabnya.
g. Apabila hadis yang diriwayatkannya diriwayatkan juga oleh orang lain, maka bunyi hadis itu tidak berbeda.
h. Terlepas dari perbuatan  penyembunyian cacat (tadlis).
2. Rangkaian riwayatnya bersambung sampai kepada Rasul, atau dapat juga tidak sampai kepada Rasul. 
Kriteria yang dikemukakan oleh al-Syafi’iy tersebut sangat menekankan pada sanad dan cara periwayatan hadis, sanad hadis yang dapat dijadikan hujjah tidak hanya berkaitan dengan kualitas dan kapasitas pribadi periwayat saja, melainkan juga berkaitan dengan persambungan sanad, cara periwayatan hadis ini adalah cara pernyataan secara lafal (harfiah).
Al-Bukhary dan Muslim tidak membuat definisi yang tegas tentang hadis yang sahih akan tetapi berbagai penjelasan kedua ulama tersebut telah memberikan petunjuk tentang kriteria hadis yang berkualitas sahih, perbedaan di antara keduanya tentang hadis sahih terletak pada masalah pertemuan antara para periwayat dengan para periwayat dengan periwayat yang terdekat dalam sanad, walaupun pertemuan itu hanya satu kali saja terjadi, dalam hal ini yang bersangkutan tidak hanya mengharuskan terbuktinya kesezamanannya (al-mu’asharah) saja antara para periwayat tersebut. Sedangkan Muslim berpendapat bahwa pertemuan itu tidak harus dibuktikan yang penting mereka telah terbukti kesezamanannya. Jadi persyaratan hadis sahih yang diberlakukan oleh al-Bukhariy lebih ketat dibandingkan dengan Muslim. Adapun kesamaan di antara keduanya mengenai kualitas hadis sahih adalah:
1. Rangkaian periwayat dalam sanad hadis itu harus bersambung mulai dari periwayat sampai periwayat terakhir.
2. Para periwayat dalam sanad hadis itu haruslah orang-orang yang dikenal tsiqah, dalam arti dhabit dan adil.
3. Hadis itu terhindar dari cacat (‘illat) dan kejanggalan (syuzuz).
4. Para periwayat yang terdekat dalam sanad harus sezaman.
Kalangan ulama al-Muta’akhkhirin salah satunya adalah Ibn al-Shalah berpendapat bahwa hadis sahih adalah hadis yang bersambung sanadnya (sampai kepada Rasul) diriwayatkan oleh periwayat yang adil dan dhabit sampai akhir sanad, di dalam hadis itu tidak terdapat kejanggalan (syuzuz) dan cacat (‘illat). 
Dari definisi atau pengertian hadis sahih yang telah disepakati oleh umumitas ulama hadis di atas dapat dinyatakan, unsur-unsur kaedah umum kesahihan sanad hadis ialah :
1. Sanad bersambung.
2. Seluruh periwayat dalam sanad bersifat adil (al-‘adl).
3. Seluruh periwayat dalam sanad bersifat dhabit.
4. Sanad hadis itu terhindar dari syuzuz.
5. Sanad hadis itu terhindar dari ‘illat.
Dengan demikian suatu sanad hadis yang tidak memenuhi kelima unsur tersebut adalah hadis yang kualitas sanadnya tidak sahih. Dari kelima unsur di atas inilah muncul unsur-unsur yang dinamakan kaidah khusus kesahidan sanad hadis.
C. Unsur-unsur Kaidah Khusus Kesahidan Sanad Hadis.

1. Sanad Hadis Harus Bersambung
Sanad hadis harus bersambung yang dimaksud adalah tiap-tiap periwayat dalam sanad mulai dari periwayat yang disandarkan oleh al-Mukharrij (penghimpun riwayat hadis dalam karya tulisnya) sampai kepada periwayat tingkat sahabat yang menerima hadis yang bersangkutan dari Rasul, bersambung dalam periwayatan. 
Untuk mengetahui bersambung atau tidaknya sanad, biasanya ulama hadis menempuh tata kerja penelitian sebagai berikut :
a. Mencatat semua nama periwayat dalam sanad yang diteliti.
b. Mempelajari sejarah hidup masing-masing periwayat dengan melalui kitab-kitab Rijal al-Hadis, dan dengan maksud untuk mengetahui apakah setiap periwayat dalam sanad itu dikenal sebagai orang yang adil dan dhabit, serta tidak suka melakukan penyembunyian cacat (tadlis), serta apakah antara para periwayat yang terdekat dalam sanad itu terdapat hubungan kezamanan pada masa hidupnya dan hubungan guru murid dalam periwayatan hadis.
c. Meneliti kata-kata yang menghubungkan antar periwayat dengan para periwayat yang terdekat dalam sanad. Yakni apakah kata-kata yang terpakai berupa haddasaniy, haddasana, akharana, ‘an, anna, atau kata yang lain. 
Jadi, suatu sanad dapat dikatakan bersambung apabila :
a. Seluruh para periwayat dalam sanad itu benar-benar tsiqah (adil dan dhabit)
b. Antara para masing-masing periwayat dengan periwayat terdekat sebelumnya dalam sanad itu benar-benar telah terjadi hubungan periwayatan hadis secara sah menurut ketentuan tahammul wa ada’ al-hadis. 
Dari uraian diatas dapat dinyatakan unsur-unsur kaedah khusus sanad bersambung adalah muttashil (bersambung) dan marfu’ (bersandar kepada Rasul), mahfuzh (terhindar dari syuzuz), dan bukan mu’all (bukan hadis yang cacat (‘illat).
Ketersambungan sanad memang sangat penting untuk di teliti karena logika sederhananya adalah mana mungkin sebuah perkataan Nabi bisa sampai ke masa yang jauh setelah nabi kalau tidak ada manusia yang menghubungkan dari masa ke masa. Dan jika memang sanadnya tidak bersambung maka pasti hadisnya palsu akantetapi walaupun bersambung belum tentu shahih karena masih banyak unsur yang lain yang berhubungan dengan ketersambungan sanad.
2. Periwayat Harus Bersifat Adil
Kata adil dalam bahasa arab berasal dari kata al-‘adl yang merupakan masdar dari kata’adala yang berarti keadilan. Perawi yang adil tidak boleh melakukan dosa besar maupun kecil.Dari kaedah umum ini maka unsur-unsur khususnya adalah :
a. beragama Islam.
b. mukallaf (balig dan berakal sehat).
c. melaksanakan ketentuan agama Islam.
d. memelihara muru’ah (adab kesopanan pribadi yang membawa pemeliharaan diri manusia kepada tegaknya kebajikan moral dan kebiasaan-kebiasaan).
Dengan demikian adhalah adalah sebuah karakter yang menuntun seseorang untuk selalu berperilaku taat, dan selalu mencegahnya untuk melakukan hal-hal yang tidak baik. Perilaku itu akhirnya menuntun seseoranga untuk selalu mengatakan hal yang sebenarnya. Namun, kualitas keadilan belum menjamin keakuratan sebuah riwayat dan belum dapat menghindarkan seseorang berbuat salah, karena kesalahan bisa terjadi tanpa disadari oleh si pembuat kesalahan.
3. Periwayat Harus Bersifat Dhabit
Pengertian dhabit menurut bahasa adalah yang kokoh, yang kuat, yang tepat, dan hafal dengan sempurna. Sedangkan menurut ibn Hajar al-‘Asqalaniy menurut istilah orang dhabit adalah orang yang kuat hafalannya tentang apa yang didengarnya dan mampu menyampaikan hafalannya itu kapan saja dia menghendakinya. Sifat-sifat dhabit menurut para ulama adalah :
a. Periwayat memahami dengan baik riwayat yang telah didengarnya atau diterimanya.
b. Periwayat itu hafal dengan baik riwayat yang telah didengarnya atau diterimanya.
c. Periwayat mampu menyampaikan riwayat yeng telah dihafalnya dengan baik kapan saja dia menghendaki dan sampai saat dia menyampaikan riwayat itu kepada orang lain. 
Perawi harus memiliki akurasii hafalan yang tinggi (dhabith). Untuk memiliki tingkat akurasi perawi, para ulama hadis menggunakan dua metode, yakni merujuk pada penilaian ulama tentang perawi tertentu dan membandingkan riwayatnya dengan riwayat lain. Metode-metode ini tercermin dalam pernyataan yang disandarkan pada ulama-ulama terdahulu. Ayyub As-Sakhtiyani, seseorang Tabiin muda, misalnya, telah dilaporkan berkata: “jika engkau ingin mengetahui kekeliruan gurumu, maka kamu seharusnya juga belajar dari orang lain”. Ibn shalah mengatakan :
“akurasi seorang perawi dapat diketahui melalui cara membandingkan riwayatnya degan riwayat orang yang terkenal ke-tsiqah-annya. Apabila 1) riwayatnya sesuai dengan riwayat mereka, meskipun hanya sebatas isinya atau 2) riwayatnya memang lazim sesuai dengan riwayat mereka dan jarang berbeda, maka kita mengetahui bahwa perawi tersebut mengontrol riwayatnya dan karena itu ia dhabit. Akan tetapi jika riwayatnya sering ditemukan berbeda dengan riwayat para perawi tsiqah, maka ia bukan perawi yang dapat dipercaya dan riwayatnya tidak boleh digunakan sebagai dasar hujjah. Wallahua’lam.  
Dari uraian di atas dapat dinyatakan unsur-unsur kaedah khusus periwayat bersifat dhabit adalah: 1). hafal dengan baik hadis yang diriwayatkannya, 2). mampu dengan baik menyampaikan riwayat hadis yang dihafalnya kepada orang lain tanpa kesalahan.
4. Sanadnya Harus Bebas dari Syuzuz
Menurut bahasa, kata sayz dapat berarti jarang, yang menyendiri, yang asing, yang menyalahi aturan, dan yang  menyalahi orang banyak. Menurut al-Syafi’iy, suatu hadis dikatakan sebagai mengandung syuzuz, bila hadis itu hanya  diriwayatkan  oleh seorang periwayat yang tsiqah, sedang periwayat yang tsiqah lainnya tidak meriwayatkan hadis itu. Barulah  suatu hadis dinyatakan mengandung syuzuz bila hadis yang diriwayatkan oleh seorang periwayat yang tsiqah tersebut bertentangan dengan hadis yang diriwayatkan oleh banyak periwayat yang juga bersifat tsiqah. Dan inilah yang merupakan unsur kaidah khusus dari kaidah terhindarnya sanad dari syuzuz.
Sebuah hadis dianggap syadzdz apabila: 1) semua perawinya tsiqah, 2) ia memiliki lebih dari satu perawi, tetapi 3) matn  atau sanad-nya bertentangan dengan riwayat-riwayat lain yang dianggap lebih tsiqah.
Dalam hal ini, al-Hakim lebih ketat dalam membuata persyaratan. Menurutnya, hadis syadzdz adalah hadis yang diriwayatkan hanya oleh satu orang perawi tsiqah tanpa dikuatkan oleh perawi-perawi yang lain. Dengan kata lain, perawi tunggal (fard muthlaq), betapa pun tsiqah-nya menyebabkan sebuah hadis berstatus syadzdz. Ibn ash-Shalah, an-Nawawi, dan lain-lain sependapat dengan asy-Syafi’i.
5. Sanadnya Harus Bebas dari ‘Illat
Pengertian ‘illat menurut bahasa berarti cacat, kesalahan baca, penyakit dan keburukan. Sedangkan  menurut istilah ilmu hadis ialah sebab yang tersembunyi yang  merusakkan kualitas hadis. Keberadaannya  menyebabkan hadis yang  pada lahirnya  tampak berkualitas sahih manjadi tidak  sahih. Hadis ma’lul atau cacat adalah hadis yang tampak shahih pada pandangan pertama, tetapi ketika dipelajari secara seksama dan hati-hati ditemukan faktor-faktor yang dapat membatalkan keshahihannya. Faktor tersebut misalnya; 1) dinyatakan hadis musnad padahal mursal marfu’ padahal sebenarnya mauquf, 2) seorang perawi meriwayatkan sebuah hadis dari seorang syeikh padahal kenyataannya ia tidak pernah bertemu dengannya; atau menyandarkan sebuah hadis kepada sahabat tertentu padahal sebenarnya berasal dari sahabat lain. Cacat ini dapat terjadi baik pada sanad maupun matan. Hanya mereka yang perbengatuhuan luas, memilikidya hafal yang istimewa dan ahli isnad dan matan yang dapat membedakan hadis yang cacat dari yang shahih. Abd ar-Rahman bin Mahdi (w.194) bahkan mengatakan bahwa untuk dapat menemukan sebuah hadis ma’lul, seseorang membutuhkan intuisi (ilham). Ibnu al-Madini (w. 234) dan al-Khathib al-Baghdadi (w. 463) berkata bahwa sebuah kecatatan dalam isnad hanya dapat ditemukan apabila isnad sebuah hadis tertentu dikumpulkan dan dianalisis.
D. Contoh Kritik Sanad Hadis dan Periwayatannya yang Shahih
حدثنا عبيد الله بن موسى قال اخبرنا حنظلة بن أبي سفيان عن عكرمة بن خالد عن ابن عمر رضي الله عنهما قال : قال رسول الله صلى الله عليه و سلم (بني الإسلام على خمس شهادة أن لا إله إلا الله وأن محمدا رسول الله وإقام الصلاة وإيتاء الزكاة والحج وصوم رمضان) رواه البخارى
1. البخارى ,الاسم : محمد بن إسماعيل بن إبراهيم بن المغيرة الجعفى مولاهم ، أبو عبد الله بن أبى الحسن البخارى الحافظ (صاحب " الصحيح ")
المولد  :  194 هـ 
الطبقة  :  11 : أوساط الآخذين عن تبع الأتباع 
الوفاة  :  256 هـ بـ خرتنك ، من قرى سمرقند 
روى له  :  ت س  (الترمذي-النسائي)
رتبته عند ابن حجر :  جبل الحفظ و إمام الدنيا فى فقه الحديث 
رتبته عند الذهبي :  الإمام صاحب " الصحيح " و كان إماما حافظا حجة رأسا فى الفقه و الحديث ، مجتهدا ، من أفراد العلم مع الدين. 
من شيوحه
عبد العزيز بن عبد الله الأويسى ، أبى المغيرة عبد القدوس بن الحجاج الخولانى ، عبدان بن، عثمان المروزى، عبيد الله بن موسى، عفان بن مسلم، على ابن المدينى، أبى نعيم، الفضل بن دكين، قبيصة بن عقبة , قتيبة بن سعيد.  
2. الاسم  : عبيد الله بن موسى بن أبى المختار : باذام ، العبسى مولاهم ، أبو محمد الكوفى
المولد  :  128 هـ 
الطبقة :  9  : من صغار أتباع التابعين 
الوفاة  :  213 هـ على الصحيح 
روى له :  خ م د ت س ق  (البخاري-مسلم-أبو داود-الترمذي-النسائي-ابن ماجه)
رتبته عند ابن حجر :  ثقة ، كان يتشيع 
رتبته عند الذهبي :  ثقة ، أحد الأعلام على تشيعه و بدعته 
من تلامده 
البخارى ، أحمد بن محمد ابن الأصفر، أحمد بن محمد ابن المعلى الآدمى , أبو على حنبل بن إسحاق بن حنبل، ابن عم أحمد بن محمد بن حنبل، عباس بن محمد الدورى، أبو سعيد عبد الله بن سعيد الأشج , عبد الله بن عبد الرحمن الدارمى.
من شيوخه
الحسن بن صالح بن حى، حنظلة بن أبى سفيان الجمحى، خارجة بن مصعب، الربيع بن حبيب، زائدة بن قدامة، زكريا بن أبى زائدة، زهير بن معاوية .
3. الاسم  : حنظلة بن أبى سفيان بن عبد الرحمن بن صفوان بن أمية القرشى الجمحى المكى (أخو عمرو و عبد الرحمن ابنى أبى سفيان)
الطبقة  :  6  : من الذين عاصروا صغارالتابعين 
الوفاة  :  151 هـ 
روى له  :  خ م د ت س ق  (البخاري-مسلم-أبو داود-الترمذي-النسائي-ابن ماجه)
رتبته عند ابن حجر :  ثقة حجة 
رتبته عند الذهبي :  من الأثبات 
من تلامده
عبد الله بن داود الواسطى، عبد الله بن المبارك، عبد الله بن نمير، عبد الله بن واقد أبو قتادة الحرانى، عبيد الله بن موسى، عثمان بن عمرو بن ساج. 
من شيوخه
عبد العزيز بن عبد الله العمرى، عروة بن محمد السعدى، عطاء بن أبى رباح، عكرمة بن خالد المخزومى، عمرو بن أبى سفيان الجمحى (أخيه)، عون بن عبد الله بن عتبة بن مسعود، القاسم بن محمد بن أبى بكر الصديق.
4. الاسم  : عكرمة بن خالد بن العاص بن هشام بن المغيرة القرشى المخزومى المكى (أخو الحارث بن خالد المخزومى الشاعر)
الطبقة  :  3  : من الوسطى من التابعين 
الوفاة  :  بعد عطاء بن أبى رباح بـ مكة 
روى له  :  خ م د ت س  (البخاري-مسلم-أبو داود-الترمذي-النسائي)
رتبته عند ابن حجر :  ثقة 
رتبته عند الذهبي :  لم يذكرها 
من تلامده
توبة العنبرى، الحسن بن كثير، حماد بن سلمة، حنظلة بن أبى سفيان، سليم بن حيان، عامر الأحول، عباد بن منصور.
من شيوخه 
عبد الله بن شداد بن الهاد، عبد الله بن عباس، عبد الله بن عمر بن الخطاب، عبد الرحمن بن عبد الله بن أبى عمار، مالك بن أوس بن الحدثان. 
5. الاسم  عبد الله بن عمر بن الخطاب القرشى العدوى ، أبو عبد الرحمن المكى المدنى
الطبقة  :  1 : صحابى 
الوفاة  :  73 أو 74 هـ 
روى له  :  خ م د ت س ق  (البخاري-مسلم-أبو داود-الترمذي-النسائي-ابن ماجه رتبته عند ابن حجر :  صحابى 
رتبته عند الذهبي :  صحابى (قال : شهد الأحزاب و الحديبية ، قال النبى صلى الله عليه وسلم : " إن عبد الله رجل صالح ") 
من تلامده
عراك بن مالك، عروة بن الزبير، عطاء بن أبى رباح، عطية العوفى، عقبة بن حريث التغلبى، عكرمة بن خالد المخزومى ، عكرمة مولى ابن عباس، على بن عبد الله الأزدى البارقى. 
Setelah meneliti dan melihat sanad dan matan hadis di atas maka dapat disimpulkan hadis ini shahih karena:
1. Sanad hadis ini tersambung. 2.  Para perawinya dhobit.
3.   Para perawinya ‘adil. 4.  Sanadnya dan matannya bebas dari syadzdz.
5.   Sanadnya dan matannya bebas dari ‘illah.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan 
Hadis Nabi Muhammad saw adalah pegangan dan landasan hukum umat islam yang sangat penting peranannya bagi umat islam, akan tetapi penyampaian hadis tidak sama dengan penyampaiaan al-Qur’an yang mutawatir dan dipastikan kebenarannya datang dari Allah yang diberikan kepada Nabi. Hadis memiliki sejarah pembukuan dan penyampaiaan yang panjang yang memungkinkan terjadi pemalsuan, penambahan dan pengurangan makna karena memang semuanya tidak disampaikan secara mutawatir, oleh sebab itu para ulama hadis memmbuat sebuah metode ilmiah untuk dapat mengetahui  keakuratan dan keshahihan hadis yang disandarkan kepada Nabi, kaidah kritik sanad hadis untuk mengetahui keshahihan hadis ditetapkan beberapa syarat seperti:
1. Sanadnya Harus Tersambung.
2. Perawinya Harus Dhabit.
3. Perawinya Harus ‘adil
4. Sanad dan Matannya Harus Bebas dari Syadzdz.
5. Sanad dan Matannya Harus Bebas dari ‘illah.






DAFTAR PUSTAKA
Ahmad al-Dhabi, Shalahuddin, 2004. Manhaj Naqd al-Matn ‘inda Ulama al-Hadis al-nabawi. Terj. M. Qodirun Nur dan Ahamad Musyafiq, Kritik Metodologi Hadits, Jakarta: Gaya Media Pratama.
Ahmad, Arifuddin, 2005. Paradigma Baru Memahami Hadis Nabi, Jakarta: Renaisan.
Amin, Phil Kamaruddin, 2009. Menguji Kembali Keakuratan Metode Kritik Hadis, Jakarta: PT. Mizan Publika. 
As-Suyuthi, 1996. Tadrib ar-Rawi, Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiah.
Asse, Ambo, 2010. Ilmu Hadis Pegantar Memahami Hadis Nabi saw, Makassar: Dar al-Hikmah wa al-‘Ulum Alauddin Press.
Bustamin, M. Isa. A. Salam, 2004. Metodologi Kritik Matan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Ismail, M. Syuhudi, 1995. Hadits Nabi Menurut Pembela, Pengingkar dan Pemalsunya, Cet.I; Jakarta: Gema Insani Press.
____________, 2005. Kaedah Kesahihan Sanad Hadis Telaah Kritis dan Tinjauan dengan Pendekatan Ilmu Sejarah, Jakarta: Bulan Bintang.
____________, 2007Metodologi Penelitian Hadis Nabawi, Jakarta: Bulan Bintang. 
____________, 1991. Pengantar Ilmu hadis, Bandung : Angkasa.
Kamil, Sukron, 2000. Naqd Al-Hadis, terj. Metode Kritik Sanad dan Matan Hadis, Pusat Penelitian Islam Al-Huda.
Munawwir, Ahmad Wirson, 1984. Kamus Al-munawwir Arab Indonesia Terlengkap, Yogyakarta: Unit PBIK PP Al-Munawwir.
Poerwadarminta, W.J.S., 1976. Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.
Qasim, Muhammad al-Umari, 2000. Dirosah fi Manhaj an-Naqd ‘Inda al-Muhadditsin, Yordan.
Rahim, Abd bin Husain al-Iraqi, 1996. at-Taqyid wa Syarh Muqaddimah Ibn ash-Shalah, Maktabah Salafiyah.
Yuslem, Nawir, 2001. Ulumul Hadis, Jakarta: PT. Sumber Mutiara Widya.

1 komentar:

  1. TINONETRY LENGTHS TUTORIES AND BETTER HEDDING
    TINONETRY LENGTHS TUTORIES AND BETTER HEDDING. TINONETRY LENGTHS. TINONETRY LENGTHS. TINONETRY LENGTHS. titanium road bike TINONETRY LENGTHS. TINONETRY titanium engagement rings for her LENGTHS. TINONETRY LENGTHS. TINONETRY LENGTHS. titanium price TINONETRY LENGTHS. titanium nitride gun coating TINONETRY LENGTHS. suppliers of metal TINONETRY

    BalasHapus