Minggu, 14 Juni 2015

DASAR PSIKOLOGI DALAM PENDIDIKAN

BAB I
PENDAHULAN

Psikologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari masalah-masalah kejiwaan manusia yang tercermin dalam tingkah laku manusia yang nyata. Objek formal psikologi adalah jiwa manusia. 
Apa yang dikaji oleh studi Islam menggunakan pendekatan psikologi adalah hubungan antara agama dengan jiwa manusia. Hubungan ini dikaji melalui gejala jiwa manusia yang lahir dan tingkah-laku dalam hubungannya dengan agama Islam.
Agama sangat mempengaruhi jiwa penganutnya. Jiwa tersebut dapat diamati secara empiris dengan mengamati tingkah-lakunya dengan menggunakan pendekatan psikologis.
Pendidikan bila dihadapkan dengan bidang ilmu psikologi, tentu sangat erat kaitannya. Psikologi yang mengkaji tentang tingkah laku dalam interaksi dengan lingkungan, sangat berpengaruh dalam proses pendidikan. 
Seperti yang sudah di sebutkan bahwa psikologi secara hakikatnya merupakan kajian tentang kejiwaan, yang mempunyai implikasi terhadap proses pendidikan. Pendidikan Islam dalam bingkai psikologi, berfungsi sebagai proses pembinaan terhadap potensi-potensi yang sudah ada. Berkenaan dengan hal ini, berikut akan di uraikan mengenai dasar psikologi dalam pendidikan Islam secara lebih mendalam. 


BAB II
PEMBAHASAN

A. Pengertian Psikologi Pendidikan
Psikologi berasal dari kata psyche yang berarti jiwa, roh, dan logos yang berarti ilmu. Psikologi berarti “ilmu jiwa”, atau secara singkat dapat dikatakan ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia. Termasuk di dalamnya cara ia berbicara, berpikir/mengambil keputusan, cara ia melakukan sesuatu, dan sebagainya.
Menurut WS. Winkel di dalam buku Psikologi Pendidikan karangan Drs. H. Mustaqim, psikologi pendidikan ialah ilmu yang mempelajari prasyarat-prasyarat (faktor-faktor) bagi pelajar di sekolah, berbagai jenis belajar dan fase-fase dalam semua proses belajar.
Berdasarkan pengertian di atas dapat dipahami bahwa psikologi pendidikan adalah ilmu yang menerangkan tentang aktivitas individu dan faktor-faktor yang mempengaruhi dalam proses pendidikan.
Kemudian psikologi pembelajaran PAI dimaknai sebagai suatu ilmu pengetahuan yang mengkaji atau mempelajari tingkah laku individu (manusia), di dalam usaha mengubah tingkah lakunya yang dilandasi oleh nilai-nilai ajaran Islam dalam kehidupan pribadinya atau kehidupan kemasyarakatannya dan kehidupan dalam alam sekitar melalui proses kependidikan. 
Secara lebih sempit psikologi pembelajaran PAI dapat dimaknai sebagai suatu ilmu yang mempelajari tingkah laku individu (siswa) dalam usaha mengubah tingkah lakunya yang dilandasi oleh nilai-nilai ajaran Islam melalui proses pembelajaran PAI. 
Berdasarkan pengertian tersebut dapat dipahami bahwa psikologi pembelajaran PAI pada dasarnya memberikan perhatiannya pada perilaku (perbuatan-perbuatan) orang-orang yang melakukan kegiatan belajar dan mengajar atau orang-orang yang terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, psikologi pembelajaran PAI setidaknya mempunyai dua objek, yaitu: pertama, ialah peserta didik (orang-orang yang sedang belajar), kedua: ialah guru (pendidik) yaitu orang yang berkewajiban menyalurkan ilmunya. 
Pada dasarnya psikologi pembelajaran PAI itu memiliki prinsip pembelajaran yang sama pada umumnya, oleh karena itu cakupan pembahasan psikologi pembelajaran PAI pun bisa merujuk kepada cakupan pembahasan psikologi belajar secara umum. Hanya saja, di kemas secara Islami.
Psikologi atau ilmu jiwa adalah ilmu yang mempelajari jiwa manusia. Jiwa itu sendiri adalah roh dalam keadaan mengendalikan jasmani yang dapat dipengaruhi oleh alam sekitar. Karena itu jiwa atau psikis dapat dikatakan inti dan kendali kehidupan manusia, yang berada dan melekat dalam manusia itu sendiri.
Dalam perkembangan jiwa dan jasmani inilah seyogianya anak-anak belajar, sebab pada masa ini mereka peka untuk belajar, punya waktu banyak untuk belajar, belum berumah tangga, belum bekerja, dan bertanggung jawab terhadap kehidupan keluarga. Masa belajar ini bertingkat-tingkat sejalan dengan fase-fase perkembangan mereka. Oleh karena itu, layanan-layanan pendidikan terhadap mereka harus pula dibuat bertingkat-tingkat agar pelajaran itu dapat dipahami oleh anak-anak. 
Pada dasarnya psikologis merupakan dasar-dasar pemahaman dan pengkajian sesuatu dari sudut karakteristik dan perilaku manusia, khususnya manusia sebagai individu.
Berikut akan dibahas mengenai psikologi perkembangan, psikologi belajar, psikologi sosial, serta implikasi konsep pendidikan.


B. Psikologi Perkembangan
Perkembangan merupakan suatu perubahan, dan perubahan ini tidak bersifat kuantitatif, melainkan kualitatif. Perkembangan berkenaan dengan aspek-aspek psikis atau rohaniah.
Perkembangan individu berjalan melalui tahapan-tahapan tertentu. Pada setiap tahap memiliki ciri-ciri khusus yang berbeda dengan ciri-ciri pada tahap-tahap yang lain.
Menurut Crijns (tt.) periode atau tahap perkembangan manusia secara umum adalah sebagai berikut:
1. Umur 0-2 tahun disebut masa bayi. Pada masa ini, si bayi sebagaian besar memanfaatkan hidupnya untuk tidur, memandang, mendengarkan, kemudian belajar merangkak, dan berbicara.
2. Umur 2-4 tahun disebut masa kanak-kanak. Pada masa ini anak sudah mulai bisa berjalan menyebut beberapa nama, pengamatan yang mula-mula global, kini sudah mulai bisa melihat struktur, permainan-permainan mereka bersifat fantasi, masih suka menghayal sebab belum sadar akan lingkungannya. Mereka mengalami masa egosentris, sebab menurut anak ini semua orang dan benda-benda lain disekelilingnya adalah untuk kepentingan dirinya. Masa krisis kenudian muncul ketika ia telah sadar bahwa bukan semua itu untuk dirinya, tetapi ia tetap tidak mengerti apa fungsi benda-benda dan orang-orang itu. Membuat anak ini bingung dan ragu-ragu.
3. Umur 5-8 tahun disebut masa dongeng. Anak-anak pada masa ini mulai sadar akan dirinya sebagai seseorang yang mempunyai kedudukan tersendiri seperti halnya dengan orang-orang lain. Mereka mulai bisa bermain bersama.
4. Umur 9-13 tahn. Dalam masa ini mulai berkembangan pemikiran kritis, nafsu persaingan, minat-minat dan bakat. Mereka ingin mengetahui segala sesuatu secara mendalam, suka bertanya, dan menyelidiki. Hidup mereka berkelompok-kelompok, anak laki-laki terpisah dengan anak-anak perempuan. Mereka memainkan peranan-peranan nyata seperti yang mereka lihat di masyarakat.
5. Umur 13 tahun disebut masa pubertas pendahuluan. Misalnya anak-anak ini mulai tertuju ke dalam dirinya sendiri, suka menyendiri, melamun. Mereka gelisah, cepat tersinggung, suka marah-marah, keras kepala, acuh tak acuh, dan senang bermusuhan.
6. Umur 14-18 tahun disebut masa puber. Mereka kini mulai sadar akan pribadinya sebagai seorang yang bertanggung jawab. Mereka sadar akan hak-hak segala kehidupan dalam lingkungannya. Mereka mulai tahu bahwa setiap orang punya arah dan jalan hidup sendiri-sendiri. Lalu mereka mulai mengoreksi diri sendiri, seperti mengapa dia ada dan apa hubungannya dengan dunia ini, tetapi sering diakhiri dengan kegelisahan, kesedihan, dan kadang-kadang putus asa. Mereka takut dicampuri oleh orang dewasa, ia hanya berhubungan dengan teman-teman seperasaan. Mereka menemui nilai-nilai hidup itu, tetapi mereka juga cepat beralih ke nilai-nilai hidup yang lain. Ini merupakan periode pembentukan cita.
7. Umur 19-21 tahun disebut masa adolesen. Anak-anak pada masa ini mulai menemui keseimbangan, mereka sudah punya rencana hidup tertentu dengan nilai-nilai yang sudah dipastikannya. Namun mereka belum berpengalaman, maka timbullah sikap radikal, ingin menolak, mencela, dan merombak hal-hal yang tidak disetujuinya dalam politik, agama, sosial, kesenian, dan sebagainya.
8. Umur 21 tahun keatas disebut masa dewasa. Pada masa ini remaja mulai insaf bahwa pekerjaan manusia tidak mudah dan selalu ada cacatnta. Mereka mulai berhati-hati.
Kemudian Havinghurst juga menyusun fase-fase perkembangan sebagai berikut:
1. Tugas perkembangan masa kanak-kanak
Belajar berkata, berjalan, mengendalikan gerakan badan, membentuk konsep sederhana tentang sosial dan fisik, belajar menghubungkan diri secara emosional dengan orang-orang lain, serta belajar membedakan yang benar dengan yang salah.
2. Tugas perkembangan masa anak
Belajar keterampilan fisik untuk keperluan bermain, membentuk sikap diri sendiri, belajar bergaul secara rukun, belajar keterampilan membaca, menulis, dan berhitung, mengembangkan konsep-konsep yang dibutuhkan dalam kehidupan, membentuk kata hati, moral, dan nilai, membuat kebebasan diri, dan mengembangkan sikap terhadap kelompok serta lembaga-lembaga sosial.
3. Tugas perkembangan masa remaja
Membuat hubungan-hubungan baru yang lebih matang dengan teman sebaya dari kedua jenis kelamin, memperoleh peran sosial yang cocok dengan jenis kelaminnya, mendapatkan kebebasan diri dari ketergantungan pada orang lain, memilih dan menyiapkan jabatan, mendapatkan kebebasan ekonomi, mengenmbangkan keterampilan dan konsep-konsep yang diperlukan sebagai warga negara yang baik, mengembangkan perilaku yang bertanggung jawab, dan memperoleh seperangkat nilai serta etika sebagai pedoman berperilaku.
4. Tugas perkembangan masa dewasa awal
Melaksanakan suatu jabatan atau pekerjaan, belajar bertanggung jawab sebagai warga negara, dan berupaya mendapatkan kelompok sosial yang tepat serta menarik.
5. Tugas perkembangan masa setengah baya
Bertanggung jawab sosial dan menjadi warga negara yang baik, membangun serta mempertahankan standar ekonomi, membina anak remaja agar menjadi orang dewasa bertanggung jawab serta bahagia, menerima serta menyesuaikan diri dengan perubahan fisik diri sendiri , dan menyesuaikan diri dengan pertambahan umur.




6. Tugas perkembangan orang tua
Menyesuaikan diri dengan semakin menurunnya kekuatan fisik dan kesehatan, menjalin hubungan dengan klub lanjut usia, memenuhi kewajiban sosial sebagai warga negara yang baik.
Tugas-tugas yang harus dijalankan atau diselesaikan oleh setiap individu sepanjang hidupnya seperti tertera di atas, memberi kemudahan kepada para pendidik pada setiap jenjang dan tingkat pendidikan untuk:
a. Menentukan arah pendidikan
b. Menentukan metode atau model belajar anak-anak agar mereka mampu menyelesaikan tugas perkembangannya.
c. Menyiapkan materi pelajaran yang tepat
d. Menyiapkan pengalaman belajar yang cocok dengan tugas perkembangan itu.
Tugas-tugas perkembangan itu tampaknya disiapkan untuk pendidikan seumur hidup. Terbukti dari adanya tugas perkembangan untuk masa setengah baya atau orang dewasa dan untuk masa tua. Dua macam tugas terakhir ini amat berguna bagi pendidikan luar sekolah, baik di rumah terhadap suami-istri dan orang yang sudah tua maupun di lembaga-lembaga pendidikan yang ada di masyarakat, seperti perkumpulan sosial, agama, persatuan orang lanjut usia dan sebagainya.
C. Psikologi Belajar
Pembahasan selanjutnya adalah mengenai teori belajar itu sendiri. Ada sejumlah teori belajar yang dibuat secara sistematik sebagai berikut:
1. Teori belajar klasik
a. Disiplin mental theistik
Teori belajar ini berasal dari psikologi daya. Menurut teori ini individu atau anak memiliki sejumlah daya mental seperti pikiran, ingatan, perhatian, kemampuan, keputusan, observasi, tanggapan, dan sebagainya. Masing-masing daya ini dapat ditingkatkan kemampuannya melalui latihan-latihan. Jadi teori ini memandang mental seperti urat daging yang bisa ditingkatkan kekuatannya melalui latihan-latihan. Dengan demikian belajar adalah melatih daya-daya.
b. Disiplin mental humanistik
Teori ini bersumber dari aliran psikologi humanistik klasik ciptaan Plato dan Aristoteles. Teori ini sama dengan disiplin mental theistik di atas, yaitu manakala daya-daya itu dilatih, mereka akan semakin kuat, dan manakala sudah kuat, maka individu bersangkutan dengan mudah dapat memecahkan berbagai masalah yang dihadapi. Bedanya adalah pada proses latihan. Kalau teori di atas melatih bagian demi bagian daya atau potensi anak, maka disiplin mental humanistik menekankan keseluruhan sebagai potensi individu secara utuh. Sebab itu pendidikan lebih menekankan pendidikan umum. Mereka berpendapat kalau seseorang menguasai sesuatu yang bersifat umum, maka dengan mudah bisa ditransfer atau diterapkan kepada hal-hal yang bersifat khusus.
c. Naturalis atau aktualisasi diri
Teori ini berpangkal dari psikologi naturalis romantik yang dipimpin oleh Rousseau, teori naturalis ini pun memandang setiap anak memiliki sejumlah potensi atau kemampuan. Potensi-potensi ini juga harus dikembangkan, tetapi bukan oleh pendidik dengan cara melatih, melainkan oleh anak itu sendiri. Hanya dalam situasi seperti inilah anak-anak akan dapat berkembang secara bebas seperti halnya dengan makhluk-makhluk yang lain.
d. Apersepsi 
Teori ini berasal dari psikologi struktur ciptaan Herbart. Psikologi ini memandang bahwa jiwa manusia merupakan suatu struktur. Struktur ini bisa berubah dan bertambah manakala orang bersangkutan belajar. Semakin banyak belajar semakin banyak terbentuk struktur baru.
Teori belajar klasik walaupun umurnya sudah tua, untuk hal-hal tertentu masih bisa dipakai. Teori Disiplin Mental misalnya masih bermanfaat dalam melatih anak-anak menguasai perkalian di bawa 100. Dengan dilatih berkali-kali mereka akan hafal perkalian itu diluar kepala.
Teori klasik lain yang juga masih sering digunakan adalah teori Psikologi Belajar Naturalis atau Aktualisasi Diri. 
2. Toeri behavioris
a. R-S Bond atau asosiasi
Teori ini pertama kali dicetuskan oleh kelompok Behavioris, dengan tokohnya Thorndike. Menurut mereka, belajar akan terjadi kalau ada kontak hubungan antara orang bersangkutan dengan benda-benda yang ada di luar. Ini yang mereka namakan S-R Bond, yaitu S adalah stimulus dari luar diri seseorang dan R adalah respon orang bersangkutan, sedangkan Bond adalah hubungan atau asosiasi.
b. Pengkondisian (kondisioning) instrumental
Tokoh teori belajar pengkondisian instrumental ini adalah Watson dan Thorndike. Belajar menurut mereka adalah masalah melekatkan atau menguatkan respon yang benar dan menyisihkan respon yang salah akibat pemberian hadiah dan tidak dihiraukannya konsekuensi respon yang salah. Respon-respon yang benar lalu diulang-ulang sehingga melekat betul pada anak-anak. Di atas meja belajar disiapkan permen yang enak, anak-anak tidak boleh mengambil permen itu sebelum mereka selesai belajar. Setelah berlangsung beberapa kali, maka kemudian hari tanpa permen pun anak-anak akan belajar dengan rajin.
Teori belajar ini dapat diciptakan pada anak-anak yang belum sadar akan pentingnya belajar kepada anak-anak yang malas, dan kepada mereka yang belum paham akan tugas-tugas di rumah maupun di masyarakat. Dengan menjanjikan hadiah yang kecil saja pada umumnya mereka mau mengerjakan tugasnya. Nanti kalau sudah menjadi kebiasaan tentu hadiah-hadiah seperti itu tidak diperlukan lagi.
c. Pengkondisian (kondisioning) operan
Teori ini diperkenalkan oleh Skinner. Kalau teori pengkondisian instrumental memberi kondisi sebelum respon, maka teori belajar pengkondisian operan memberikan kondisi sesudah terjadinya respon.
Sebagaimana biasanya, seseorang yang menerima stimulus akan melakukan respon. Respon ini dapat sesuai dengan harapan orang yang memberi stimulus, dapat pula tidak sesuai. Misalnya seorang anak disuruh mengerjakan pekerjaan rumah pada pukul 19.00 sebagaimana biasanya, bisa terjadi dia bersedia atau menolak karena ada tayangan yang menarik di televisi. Bila ia bersedia berarti responnya sesuai dengan harapan pemberi stimulus tetapi bila tidak bersedia berarti responnya tidak sesuai. Untuk respon-respon yang sesuai segera diberi hadiah. Bila sering dilakukan cara-cara seperti ini akan membuat anak bersangkutan selalu belajar pada pukul 19.00 walaupun hadiah dihentikan.
d. Penguatan (Reinforcement)
 Teori ini lahir dari Psikologi Reinforcement yang dipimpin oleh Hull. Pada prinsipnya teori ini tidak berbeda dengan teori belajar pengkondisian operan, mungkin namanya berbeda karena tokohnya berbeda. Teori ini memberi penguatan pada respon-respon yang benar atau yang sesuai dengan harapan. Bila siswa mendapat skor tinggi, ia diberi pujian, hadiah, dan penghargaan. Hal itu merpakan penguatan -penguatan agar individu bersangkutan tetap konsisten dengan tindakannya yang sudah baik itu, bila perlu bisa ditingkatkan lagi.
Teori-teori ini amat bermanfaat untuk mengembangkan tingkah laku-tingkah laku yang nyata seperti hidup teratur, rajin belajar, mencuci tangan sebelum makan, mau kerja bakti, suka olah raga dan sebagainya. Tetapi untuk belajar memahami sesuatu terutama hal-hal yang rumit, memecahkan masalah, mengkreasikan sesuatu, dan sejenisnya cukup sulit melaksankannya.
3. Teori kognisi
a. Kognisi
Teori ini diciptakan oleh Bruner. Dikatakan bahwa pendidikan harus mengembangkan keterampilan berpikir. Untuk maksud ini dibutuhkan suatu pelajaran yang terorganisasi dan saling berhubungan satu dengan yang lain. Para siswa diberi kesempatan untuk menemukan sendiri konsep-konsep dan prinsip-prinsip. Mereka juga diberi kesempatan untuk mengembangkan pola dan teknik meneliti. Dengan cara ini pengetahuan yang didapat lebih bermakna bagi dirinya, lebih lama diingat, dan lebih mudah dipakai memecahkan masalah.
b. Belajar bermakna
Teori ini diciptakan oleh Ausubel. Juga menekankan cara seseorang mengorganisasi pengetahuan yang didapatnya, organisasi atau struktur kognisi ini dipandang sebagai faktor utama dalam belajar dan mengingat bahan-bahan baru yang bermakna. Agar belajar menjadi bermakna, maka materi baru haruslah bertalian dan sebagai bagian dari konsep-konsep yang telah ada dalam struktur kognisi. 
c. Insight atau Gestalt
Teori Gestalt memandang belajar sebagai satu kesatuan dan merespon terhadap keseluruhan itu merupakan suatu yang penting untuk memahaminya. Dalam hal ini belajar juga menggunakan insight atau pemahaman, suatu yang lepas dari kebingungan sehingga menemukan keteraturan dalam materi yang baru. Pertama kali mendapatkan sesuatu yang baru mungkin belum mendapatkan insight. Tetapi setelah hal baru itu dipandang sebagai suatu kesatuan atau gestalt, maka segera hal yang baru itu menjadi jelas.
d. Lapangan
Teori ini dipelopori oleh Lewin. Ia menjelaskan perilaku manusia melalui cara mereka merespon terhadap faktor-faktor lingkungan, terutama lingkungan sosial.
e. Tanda (sign)
Teori ini dipelopori oleh Tolman, menurut teori ini belajar adalah suatu harapan bahwa stimulus akan diikuti oleh situasi yang jelas. Istilah sign disini dapat diartikan munculnya tanda-tanda kejelasan atau pengertian. 
f. Fenomenologi 
Teori ini diciptakan oleh Snygg dan Combs, mereka memandang belajar adalah merupakan proses wajar dan normal sebagai dimensi pertumbuhan dan perkembangan. Belajar adalah hasil perubahan persepsi kita terhadap diri kita sendiri dan lingkungan. Misalnya, kenyataan lingkungan buat seseorang tidak mesti sama dengan orang lain, sebab setiap orang punya persepsi sendiri-sendiri terhadap sesuatu.
Teori-teori belajar kognisi berguna dalam mempelajari materi-materi yang rumit yang membutuhkan pemahaman, untuk memecahkan masalah, dan untuk mengembangkan ide.
D. Psikologi Sosial
Kecenderungan manusia untuk bersahabat sudah dimulai sejak permulaan dia hidup yaitu sejak masih bayi. Hampir semua bayi merespon secara positif terhadap satu atau lebih orang dewasa. Lebih lanjut hampir semua orang tua kasih terhadap anak-anaknya, mereka selalu ingin dekat dengan orang tuanya. Inilah yang membuat terjadinya persahabatan atau keakraban. 
Kini akan dibahas konsep pembentukan kesan yang berhubungan dengan pembelajaran. Ada kecenderungan umum bahwa orang-orang membentuk kesan tentang orang lain dalam pertemuan sekejap mata. Melihat orang atau gambarannya, seseorang cenderung membuat keputusan tentang sejumlah karakteristik orang bersangkutan. Dia menafsirkan intelegensi, umur, latar belakang, ras, agama, tingkat pendidikan, kejujuran, kehangatan, dan sebagainya. Dia juga kadang-kadang menyatakan perasaan senang atau tidak senang pada orang lain.
Pembentukan kesan pertama terhadap orang lain memiliki tiga kunci utama, yaitu: 
1. Kepribadian orang itu. Mungkin kita pernah mendengar orang itu sebelumnya, atau cerita-cerita yang mirip dengan orang itu, terutama tentang kepribadiannya.
2. Perilaku orang itu. Ketika melihat perilaku orang itu setelah berhadapan, maka kita hubungkan dengan cerita-cerita yang pernah didengar.
3. Latar belakang situasi. Kedua data di atas kemudian dikaitkan dengan situasi pada waktu itu. Maka dari kombinasi ketiga data ini akan keluarlah kesan pertama tentang orang itu.
Dalam dunia pendidikan, hal ini perlu diperhatikan. Para pendidik harus mampu membangkitkan kesan pertama yang positif dan tetap positif untuk hari-hari berikutnya. Sikap dan perilaku pendidik seperti ini sangat penting artinya bagi kemauan dan semangat belajar anak-anak.
E. Implikasi Konsep Pendidikan
Tinjauan tentang psikologi perkembangan, psikologi belajar, dan psikologi sosial memberikan dampak kepada konsep pendidikan. Dampak itu sebagian besar dalam bidang kurikulum sebab materi pelajaran dan proses belajar mengajar itu harus sejalan dengan perkembangan, cara belajar, dan cara mereka mengadakan kontak sosial. Dampaknya kepada konsep pendidikan adalah sebagai berikut:
1. Psikologi perkembangan yang bersifat umum, semuanya memberi petunjuk kepada pendidik bagaimana seharusnya ia menyiapkan dan mengorganisasi materi pendidikan serta bagaimana membina anak-anak agar mereka mau belajar dengan sukarela.
2. Psikologi belajar
a. Yang klasik
1) Disiplin mental bermanfaat untuk menghafal perkalian dan melatih soal-soal.
2) Naturalis/Aktualisasi diri bermanfaat untuk pendidikan seumur hidup
b. Behavioris bermanfaat atau cocok untuk membentuk perilaku nyata, seperti mau menyumbang, giat bekerja, gemar menyanyi, dan sebagainya.
c. Kognisi cocok untuk mempelajari materi-materi pelajaran yang lebih rumit yang membutuhkan pemahaman, untuk memecahkan masalah dan untuk berekreasi menciptakan sesuatu bentuk atau ide baru.

3. Psikologi sosial
Pendidik perlu membentuk sikap anak yang positif dalam banyak hal. Oleh sebab itu, cara pembentukan sikap ini perlu direncanakan dan dilaksanakan pada waktu dan situasi yang tepat. Hubungan yang intim diperlukan dalam proses pembimbingan dan belajar dalam kelompok. Karena itu hubungan seperti ini perlu dikembangkan oleh para pendidik. Pendidik juga perlu mengembangkan kemampuan memimpin dikalangan anak-anak. Sebab kepemimpinan sangat besar peranannya dalam mencapai sukses belajar bersama dan sukses berorganisasi dalam kehidupan setelah dewasa.


BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
Dasar psikologis merupakan dasar-dasar pemahaman dan pengkajian sesuatu dari sudut karakteristik dan perilaku manusia, khususnya manusia sebagai individu. Dasar psikologi ini merupakan salah satu dasar yang harus ada dalam pendidikan. Agar tujuan pendidikan itu tercapai dengan baik maka ia yang harus ada sebagai salah satu rujukan bagi pendidik untuk memahami perkembangan anak didik dan bagaimana seharusnya pendidik itu bersikap serta ia harus memperlakukan dan melayani perkembangan mereka secara wajar. Ibarat proses mekarnya bunga, pendidik tidak boleh memaksa kelopak-kelopak bunga agar segera mekar, melainkan harus menunggu dengan sabar sambil rajin memberi pupuk, menyirami, dan menutupinya dari sengatan sinar matahari yang terik. Biarkanlah mereka berkembang secara wajar, sesuai dengan kodratnya.















DAFTAR PUSTAKA

Made Pidarta, Landasan Kependidikan, Jakarta, PT Rineke Cipta, 2000.

Mustaqim. Psikologi Pendidikan, Yogyakarta, Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang dan Pustaka Pelajar, 2008.

Purwanto, M. Ngalim. Psikologi Pendidikan, Bandung, PT Remaja Rosdakarya, 1992.

Soemanto, Wasty. Psikologi Pendidikan (Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan), Malang, PT Rineke Cipta, 1990.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung, PT Remaja Rosdakarya, 2009.

Tohirin. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada, 2008.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar