Minggu, 14 Juni 2015

DASAR EKONOMI DALAM PENDIDIKAN ISLAM

DASAR EKONOMI DALAM PENDIDIKAN ISLAM



A. Pendahuluan
Dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia kata dasar memiliki banyak arti diantaranya alas atau fondasi, pokok atau pangkal.
Menurut Abudin Nata dasar pendidikan adalah segala sesuatu yang bersifat konsep, pemikiran dan gagasan yang mendasari, melandasi dan mengasasi pendidkan.
Dengan demikian dasar pendidikan Islam adalah segala sesuatu yang bersifat konsep, pemikiran dan gagasan yang mendasari, melandasi dan mengasasi pendidkan Islam itu sendiri yang dalam hal ini akan di bahas mengenai dasar pendidikan Islam yang ketiga selain dasar religious dan dasar filsafat Islam yaitu dasar ilmu pengetahuan yang salah satunya ialah ilmu ekonomi.
Buat sebahagian besar orang perbincangan tentang ekonomi dalam pendidikan barangkali terus dikaitkan dengan gaji guru. Mengenai gaji ini ahli-ahli fikir dan filosof berbeda pendapat dalam hal guru menerima gaji atau menolaknya.
Socrates menerangkan kenapa ia menolak gaji itu. Katanya, keutamaan (fadilah) diambil dari jiwa, dan orang hanya sampai ke ilmu itu dengan berfikir (berenung). fadilah tak bisa diajarkan, oleh sebab itu guru tidak berhak menerima gaji.
Sudah tentu pengaruh guru kepada muridnya adalah lebih kuat dan lebih besar, begitu juga murid-murid lebih menerima pendapat guru-gurunya jika ia tidak menerima gaji. Sebab hubungan antara keduanya bersifat spiritual, dimana hubungan antara keduanya tidak dipengaruhi oleh keadaan yang bisa merusak hubungan itu.
Yang memandang bahwa gaji itu harus diadakan karena kalau orang akan terus bergantung pada tenaga sukarela maka banyak anak-anak akan ketiadaan pendidikan dan jahil akan al-Qur'an, yang akhirnya akan membawa kehancuran masyarakat Islam sendiri.
B. Konsumsi dan Investmen
Konsumsi adalah setiap kegiatan memakai, menggunakan, atau menikmati barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan. Dalam hal pendidikan contoh barang atau jasa yang biasanya di konsumsi siswa antara lain buku tulis, buku pelajaran, pensil, pulpen, penghapus, spidol, dll.
Sedangkan investment dalam bahasa Indonesia berarti investasi. Definisi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, investasi diartikan sebagai penanaman uang atau di suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan. Pada dasarnya investasi adalah membeli suatu aset yang diharapkan di masa datang dapat dijual kembali dengan nilai yang lebih tinggi.
Banyak karya dalam ekonomi pendidikan khusus membahas mengenai persoalan keuangan untuk sistem pendidikan dan mengenai cara perbelanjaan pendidikan itu diurus. Prinsip pertama dalam pengumpulan uang adalah berkenaan dengan persoalan siapa yang harus menanggung biaya. Salah satu prinsip perpajakan adalah bahwa biaya pelayanan haruslah dipikul oleh orang-orang yang pada akhirnya mendapat keuntungan dari situ. Jika murid-murid pada akhirnya mendapat keuntungan dari pendidikan, maka sudah logislah bahwa keluarganya harus membayarnya. Sebaliknya, sebahagian perbelanjaan pendidikan itu dibayar bukan hanya karena untuk kepentingan murid-murid tetapi juga karena kepentingan masyarakat, baik secara lokal atau nasional. Pada akhirnya, pekerjaan itu baik awam ataupun persendirian mendapat keuntungan karena adanya tenaga kerja terampil dan terpelajar. Juga tidak boleh dilupakan bahwa di antara orang-orang yang prihatin terhadap pendidikan adalah yayasan-yayasan kebajikan dan agama. Sebenarnya asal mula pendidikan di negara Barat kebanyakannya karena badan-badan agama.
Pada prinsipnya, bayaran melalui pajak ini boleh digantikan dengan suatu sistem pinjaman keluarga yang dapat dibayar kemudian melalui pendapatan, diharapkan pendapatan itu diperoleh oleh murid-murid yang berhasil.
Tetapi pinjaman ini menimbulkan masalah administratif di samping masalah nilai-nilai sosial, sebab mungkin mengkhawatirkan murid-murid berpotensi, dan banyak orang berpendapat bahwa, pada prinsipnya, pendidikan itu haruslah cuma-cuma. Kalau tidak, mustahil pendidikan itu wajib. 
Di berbagai negara yang mempunyai sistem kesatuan dalam administrasi, seperti negara Perancis, biaya pendidikan adalah tanggung jawab nasional. Di negara-negara lain, seperti Amerika Serikat, ada pembagian antara pemerintah daerah dan pemenrintah pusat, dimana pendidikan biasanya tanggungjawab daerah, juga biaya di tanggung oleh daerah. Ini menimbulkan masalah yang serius sebab sumber keuangan pemerintah pusat dan daerah kadang-kadang sangat sedikit.
Telah dikatakan bahwa perdagangan merupakan sektor utama yang beruntung dari sistem pendidikan, dan perdagangan memberi sumbangan besar kepada pajak pusat dan daerah.
Kemudian investmen, apakah pendidikan itu diusahakan demi untuk dia sendiri, misalnya seorang setengah umur mengikuti pelajaran bahasa asing dengan tujuan untuk hiburan. Atau apakah pendidikan dapat juga dipandang sebagai investmen untuk masa depan. Suatu masyarakat yang dengan sengaja menguntukkan kadar yang tinggi dari sumber-sumber pendapatannya untuk mempertinggi keterampilan dan kemampuan generasi mudanya berharap melihat suatu perubahan dalam performans ekonomi dan sosialnya di tahun-tahun mendatang. Ini tentu benar juga pada individu dan keluarga.

C. Ekonomi dan Pendidikan dalam Islam
Hubungan penidikan dan ekonomi telah wujud semenjak dunia ini tercipta. Juga dalam sejarah Pendidikan Islam tampak hubungan antara ekonomi dan pendidikan itu erat sekali, terutama yang tergambar dalam lembaga wakaf dan zakat yang menjadi sumber keungan lembaga-lembaga pendidikan Islam. Wakaf dan zakat juga memegang peranan penting dalam pendidikan di dunia Islam semenjak lebih dari seribu tahun. 
Zakat merupakan potensi untuk meningkatkan partisipasi umat Islam dalam pembangunan nasional. Jika potensi zakat ini digali sungguh-sungguh dan sebagian umat Islam dapat mengeluarkan zakat, maka akan menghasilkan jumlah dana yang sangat besar. Jumlah tersebut dapat memberikan arti tersendiri dalam memecahkan masalah-masalah kemiskinan, pendidikan, pembangunan keagamaan, dan kesenjangan sosial yang pada gilirannya dapat membantu dan mempercepat keberhasilan pembangunan nasioanal.
Jika, misalnya, separuh dari umat Islam di Indonesia mau dan sadar untuk melaksanakan kewajiban membayar zakat maka akan dapat terhimpun dana 6,7 triliun rupiah setiap tahun. Hal ini, seperti dikatakan dalam hasil riset Syechul Hadi Purnumo (2006) merupakan asumsi minimal karena ada asumsi lain yang lebih optimistik memperkirakan sebesar Rp. 84,5 triliun setiap tahun. Angka tersebut nilainya kira-kira dua kali lipat dari anggaran pembangunan untuk penanggulangan kemiskinan yang ada di departemen-departemen lembaga pemerintah dan nonpemerintah.
Kemudian mengenai wakaf, hukum wakaf itu sunnat jika dimaksudkan keredaan Allah Swt., seperti firman Allah: “Carilah kebaikan, mudah-mudahan kamu beruntung”. (QS. 22:77). Wakaf yang diwakafkan kepada sekolah itulah yang mengokohkan dan mengekalkan usaha pendidikan dan mendorongnya terus menerus, juga supaya guru-guru dan murid-murid dapat bekerja sepenuh waktu mengerjakan missinya dengan tentram dan senang hati. Guru-guru menerima gaji tunai setiap bulan begitu juga muurid-murid, bukan saja pendidikan gratis tetapi juga di jamin pakain dan tempat tinggal.
Pendapatan wakaf-wakaf ini tidak tetap maka akibatnya berubah-ubahlah tingkat hidup pelajar-pelajar dan guru-guru, dimana ia turun naik dari masa kemasa. Pengaruh wakaf terhadap pendidikan itu tidak terbatas, bahwa ia adalah sumber keungan lembaga pendidikan, tetapi juga meliputi semua aspek praktek pendidikan.
Namun teori yang membahas mengenai hubungan ekonomi dan pendidikan ini adalah hal baru. Dan tidaklah ada salahnya kaum Muslimin menggunakan teori-teori itu untuk memperbaiki keadaan dan mutu pendidikan asalkan tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip pokok yang membentuk pandangan hidup Islam.
Hubungan ekonomi dan pendidikan dilihat dengan kacamata Islam bercirikan:
1. Ekonomi Islam adalah salah satu bahagian dari sistem Islam yang menyeluruh.
Ekonomi Islam berkaitan erat dengan agama, akidah, dan syari’at Islam. Sistem ekonomi Islam adalah sebahagian dari syari’at dan berkaitan erat dengan akidah. Misalnya, dalam persoalan halal haram yang meruncingkan seorang Muslim ketika ia ingin mengerjakan salah satu mu’amalah.
Perkaitan ekonomi Islam dengan akidah dan syari’at Islam itulah yang memberi kepada aktivitas ekonomi dalam Islam suatu corak ibadat dan tujuan mulia. Keterangannya sebagai berikut:
a. Aktivitas Ekonomi dalam Islam Memiliki Ciri-Ciri Ibadat
Setiap perbuatan yang dikerjakan oleh seorang Muslim, baik bersifat ekonomi atau tidak, bisa berubah dari perbuatan materialistis biasa kepada ibadat dimana ia diberi pahala kalau dengan perbuatannya itu ia mengharapkan keridhaan Allah, dan memusatkan niatnya kepada-Nya.
Berdasarkan pada prinsip umum ini maka aktivitas ekonomi dalam Islam, berlainan dengan aktvitas ekonomi pada sistem buatan manusia seperti kapitalisme atau sosialisme, mungkin berubah dari aktivitas materialistis semata-mata menjadi ibadat dimana si Muslim di beri pahala jika dengan aktivitasnya ia menuntut keridhaan Allah semata.
b. Aktivitas Ekonomi dalam Islam Mempunyai Tujuan yang Mulia
Ekonomi Islam walaupun bertujuan mencapai kegunaan material, ia tidak menjadikannya tujuan sendiri, tetapi sebagai jalan kepada tujuan yang lebih besar dan maksud yang lebih mulia yaitu memakmurkan bumi dan menyiapkan bumi dan menyiapkan untuk tempat hidup manusia itulah tujuannya, maka persaingan, egoisme, dan monopoli akan berubah menjadi saling mengerti dan kerjasama untuk memakmurkannya dan mengeksploitasi kekayaannya sebaik-baiknya untuk kepentingan umat seluruhnya. 
c. Pengawasan Mengamalkan Aktivitas Ekonomi dalam Islam adalah Pertama Sekali Pengawasan Sendiri
Di bawah sistem ekonomi Islam di samping pengawasan undang-undang yang dijalankan oleh para penguasa, ada pengawasan yang lebih keras dan lebih berkesan yaitu pengawasan hati nurani Muslim yang tegas di atas keimanan kepada Allah dan hisab di hari akhirat. Hati nurani ini hidup bersama dengan al-Qur’an dan Sunnah yang mendengar dan mendapat pengaruh daripada keduanya. 
2. Ekonomi Islam mencipta keseimbangan antara kemaslahatan masyarakat.
Perekonomian merupakan salah satu pilar penting dalam pembangnan masyarakat suatu bangsa. Tujuan utama pembangunan ekonomi ialan untuk mewujudkan masyarakat yang makmur dan sejahtera.
Tidak dapat diragukan bahwa tujuan setiap sistem ekonomi adalah untuk mencapai kemaslahatan pengikut-pengikutnya. Tetapi kemaslahatn ini mungkin bersifat khusus mungkin juga bersifat umum.
Sistem ekonomi kapitalis menggambarkan bahwa setiap individu mempunyai kebebasan untuk mempunyai hak kepemilikan. Mendahulukan kemaslahatan khusus atas kemaslahatan umum dalam sistem kapitalis mempunyai banyak keburukan, yang paling menonjol adalah krisis-krisis, pengangguran, perbedaan besar antara pendapatan dan kekayaan, dan timbulnya monopoli.
Sistem ekonomi sosialis, berlainan dengan sistem kapitalis, mendahulukan kepentingan masyarakat dari kepentingan individu, malah ia mengorbankan sama sekali kepentingan individu untuk kepentingan masyarakat. Oleh sebab itu sistem ini membatalkan sama sekali hak milik individu untuk alat-alat produksi, sebagaimana ia membatalkan kebebasan ekonomi individual, dan digantikannya dengan hak milik umum dan kebebasan ekonomi umum atau hak milik dan kebebasan masyarakat.
Cara ini juga mempunyai keburukan yang tidak kurang dari keburukan sistem kapitalis, kalau tidak lebih buruk. Sebab membatalkan hak milik individu dan kebebasan ekonomi bertentangan dengan naluri manusia yang akan mengakibatkan jatuhnya cita-cita, dan malas.
D. Kesimpulan 
Dasar ilmu ekonomi ini diperlukan dalam rangka memberikan perspektif tentang potensi-potensi finansial, menggali dan mengatur sumber-sumber, serta mempertanggungjawabkannya terhadap rencana dan anggaran pendidikan. Ilmu ekonomi yang diatur berdasarkan ajaran Islam ini diperlukan untuk membiayai penyelenggaraan pendidikan. Seperti untuk membangun gedung dan infrastruktur, sarana prasarana, gaji pendidik dan tenaga kependidikan. Pengadaan alat-alat praga, alat tulis dan lain sebagainya melalui zakat, wakaf dan sebagainya yang diperuntukkan untuk kepentingan pendidikan.
Dalam bidang ekonomi, yang sangat relevan dengan pendidikan seperti yang sudah di jelaskan adalah hal-hal yang berkaitan dengan investmen dan hasilnya, artinya kalau modal ditanam sekian berapa banyak nanti keuntungan yangdiharapkan dari situ.
Tentunya dalam pendidikan Islam hasil pendidikan itu tidak selalu harus diukur dengan uang, tetapi hal-hal yang tidak bersifat benda, seperti status, prestasi, kebahagiaan, kesempatan, penghargaan, yang tentunya dapat dilihat bekasnya pada individu yang mempunyai pendidikan itu.





DAFTAR PUSTAKA


http://Pengertian/konsumsi/Dunia/Ilmu.html/Banjarmasin, 18-03-2015.


Langgulung, Hasan. Asas-Asas Pendidikan Islam, Jakarta, PT. Pustaka Al Husna  Baru, 2003.

Mahfud, Rois. Al-Islam Pendidikan Agama Islam, Palangka Raya, Erlangga,  2010.

Nata, Abudin. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta, Kencana Prenada Media Group,  2012.

Yustika, Ahmad Erani. Ekonomi Kelembagaan, Malang, Bayu Media Publishing,  2006.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar